NASA bekerjasama dengan Hewlett Packard Enterprise (HPE) akan mengirimkan Superkomputer kepada para astronot yang sedang bertugas diluar angkasa. Superkomputer yang diberi julukan "Spaceborne Computer" ini akan dikirim pada Senin 14/8, yang diluncurkan di roket SpaceX CRS-12, dan kemudian dikirim melalui SpaceSpeed ​​Space Dragon.

Mesin yang dijuluki Spaceborne Computer ini berbasis pada sistem kelas Apollo 40 yang mencakup interkoneksi HPC berkecepatan tinggi dan menjalankan Linux Open Source. Mesin ini akan dilengkapi dengan pendingin yang unik untuk mengatasi kendala lingkungan dan persyaratan keandalan superkomputer di ruang angkasa.

Percobaan untuk superkomputer ini akan berlangsung selama setahun, untuk bisa beroperasi dengan baik diluar angkasa, dengan sebuah misi pendaratan ke planet Mars. Ini merupakan jumlah waktu untuk sebuah perjalanan yang sama, yang memerlukan kemampuan komputasi canggih untuk mengurangi latensi komunikasi dan memastikan kelangsungan hidup para astronot menuju planet Mars.

Sumber : http://www.techrepublic.com